Mengapa Keputihan Berwarna Coklat?

Mengapa Keputihan Berwarna Coklat?

Seringkali perempuan selalu khawatir bila keputihan berwarna coklat sudah muncul dan menjadi bercak di celana dalam. Tapi, apa sih sebenarnya keputihan tersebut? Apakah memang berbahaya untuk wanita? Keputihan adalah cairan bening yang keluar dari dalam vagina akibat ketidakseimbangan hormon. Menurut wikipedia.com, keputihan dibagi dua jenis yaitu keputihan fisiologis dan patologis. Fisiologis merupakan keputihan yang normal dan tidak berbahaya karena hanya ada pada saat masa subur atau akan terjadi menstruasi, sedangkan keputihan potologis disebabkan oleh bakteri atau virus.

Meskipun pada dasarnya keputihan bukanlah penyakit yang berbahaya, akan tetapi bila penyakit tersebut sudah mengganggu aktivitas Anda dengan disertai gejala bau tidak sedap, gatal-gatal, dan penurunan nafsu makan, artinya keputihan yang Anda alami bukanlah penyakit biasa. Sebagian besar gejala penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi biasanya diawali dengan keputihan. Warna lendir keputihan yang berbahaya biasanya tidak berupa cairan bening, namun memiliki warna seperti hijau atau coklat.

Keputihan Berwarna Coklat dan Penyebabnya

Keputihan berwarna coklat yang normal terjadi diawal dan diakhir menstruasi karena merupakan pembersihan dari darah haid itu sendiri. Bercak coklat juga bisa menghampiri orang dengan tanda kehamilan awal dan wanita pada periode menopouse. Keputihan dengan bercak coklat dapat dikatakan tidak normal apabila disertai gejala daerah vagina terasa kering, sakit ketika buang air kecil, gatal-gatal, bau tidak sedap, dan iritasi. Penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri yang bisa berujung pada penyakit kanker.

Sebelum pergi ke dokter, beberapa orang akan mencoba obat keputihan alami yang jarang memiliki efek samping. Daun pacar cina, daun sirih, kunyit, dan bawang putih adalah beberapa bahan yang dapat Anda coba buat di rumah untuk meredakan gejala keputihan. Salah satu yang paling mudah dibuat adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh vagina.

Cara Mengatasi Keputihan Berwarna Coklat

Selain meminum obat keputihan dan membuat obat alaminya, keputihan dapat diminimalisir dengan cara sebagai berikut:

   Ganti pembalut 3-4 kali sehari ketika haid.

  Usahakan daerah vagina selalu kering dengan mengelapnya dengan handuk setiap buang air.

   Gunakan celana dalam yang menyerap keringat dan segera ganti apabila dirasa sudah lembab.

   Memakai pantyliner apabila akan pergi keluar rumah.

  Tidak memakai pembersih kewanitaan karena pada dasarnya PH kita sudah seimbang.

   Hindari penggunaan celana ketat.

–  obati segera dengan crystal-x. Crystal-x mampu mengobati keputihan secara alami  yang diramu dengan bahan-bahan tradisional.  Segera tuntaskan keputihan anda dengan cara mengobati keputihan secara teratur dan sabar, cukup dipakai 2 kali sehari. selama 2 minggu sudah terlihat hasilnya.

Dengan membiasakan hidup sehat dan menjaga kebersihan vagina. Keputihan tidak akan berbahaya bagi Anda. Tetapi tetap waspada dengan memeriksakan diri kepada dokter sebulan sekali untuk mencegah perkembangan bakteri dan virus yang menyebabkan keputihan hingga keputihan berwarna coklat.

Solusipenyakitkewanitaan.com merupakan website #1 yang menyediakan informasi mengenai masalah kewanitaan. Baik Keputihan, Kista, Myom dan lainnya. Mari kita bersama Sembuhkan dan sehatkan Organ kewanitaanmu dengan sharing bersama baik di website atau KLIK LIKE FACEBOOK KAMI atau add PIN BB 53F59ACD /WA 082176893362 / sms di 085669263030
Share Informasi ini jika Bermanfaat
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *